Custom Search
Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner
Link Banner

Thursday, May 5, 2016

Jadah Tempe Mbah Carik



Jadah Tempe Mbah Carik

Makanan memiliki nostalgia tersendiri yang mampu mengingatkan kita pada momen-momen tertentu di balik rasa dan aromanya. Seperti kisah dua sejoli, si Jadah dan si Tempe dari Kaliurang.


Subuh itu Kaliurang masih diselimuti oleh kabut ketika tiba di warung Jadah Tempe Mbah Carik. Meski begitu, kesibukan di dapur Mbah Carik telah dimulai. Beberapa orang terlihat memarut kelapa dan menggoreng tahu serta tempe yang telah dibacem semalaman. Kami pun langsung bergabung di dapur untuk melihat proses pembuatan jadah tempe Mbah Carik yang terkenal itu. 

Kelezatan dari jadah tempe Mbah Carik masih bertahan hingga sekarang dengan rasa yang khas karena memasaknya pun masih dengan cara tradisional, yaitu menggunakan kayu bakar. Pertama-tama parutan kelapa dicampur dengan beras ketan dan bumbu lain sampai rata, kemudian dikukus menggunakan dandang di atas tungku. Setelah dikukus selama satu setengah jam, jadah yang masih setengah jadi diangkat kemudian ditumbuk. Sungguh menggiurkan melihat asap masih mengepul dari campuran ketan, parutan kelapa dan bahan lain yang baru matang. Selanjutnya, adonan yang sudah ditumbuk mulai dibentuk hingga jadilah Jadah Mbah Carik yang gurih serta kenyal. Jalan Astomulyo, Simpang Lima Wara Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, Indonesia Phone: (0274) 446 4277.